Headline News

header-int

PENYULUHAN KESEHATAN PSIKOMATIS

Senin, 15 Jul 2019, 12:57:52 WIB - 47 | Nindy Kornelia, S.Kom
PENYULUHAN KESEHATAN PSIKOMATIS

Salah satu program Promosi Kesehatan Rumah Sakit (PKRS) adalah penyuluhan kesehatan secara langsung kepada masyarakat, pengunjung, pasien dan keluarga pasien yang ada di RSUD sebagai salah satu upaya edukasi kesehatan.

Rabu (10/7) berkesempatan untuk mengisi penyuluhan adalah Klinik Psikiatri/Jiwa. Tepat pukul 10.00 WIB, bertempat di Ruang Tunggu Poliklinik, penyuluhan kesehatan dengan topik Psikomatis disampaikan langsung oleh dr. Muhammad John, Sp.KJ, dokter spesialis jiwa di Klinik Psikiatri RSUD Dr. Muhammad Zein Painan.

Psikosomatis terdiri dari dua kata, pikiran (psyche) dan tubuh (soma). Gangguan psikosomatis adalah penyakit yang melibatkan pikiran dan tubuh, di mana pikiran memengaruhi tubuh hingga penyakit muncul atau menjadi bertambah parah. Istilah gangguan psikosomatis digunakan untuk menyatakan keluhan fisik yang ddiduga disebabkan atau diperparah oleh faktor psikis atau mental, seperti stres dan rasa cemas. Sedangkan dalam istilah psikologi, psikosomatis atau penyakit "fungsional" merupakan kondisi yang menyebabkan rasa sakit dan masalah pada fungsi tubuh, walaupun tidak ditemukan kelainan pada pemeriksaan fisik, maupun pemeriksaan penunjang seperti Rontgen atau tes darah.

Bagaimana Pikiran Memengaruhi Penyakit?

Seperti diketahui, pikiran dapat menyebabkan munculnya gejala atau perubahan pada fisik seseorang. Contohnya, ketika merasa takut atau cemas, bisa memunculkan tanda-tanda seperti denyut jantung menjadi cepat, jantung berdebar-debar (palpitasi), mual atau ingin muntah, gemetaran (tremor), berkeringat, mulut kering, sakit dada, sakit kepala, sakit perut, napas menjadi cepat, nyeri otot, atau nyeri punggung. Gejala fisik tersebut disebabkan oleh meningkatnya aktivitas listrik atau impuls saraf dari otak ke berbagai bagian tubuh. Selain itu, pelepasan zat adrenalin (epinefrin) ke dalam aliran darah juga bisa menyebabkan gejala fisik di atas.

Jadi, jika Anda mengalami sakit kepala dan nyeri perut disertai sulit tidur, cemas dan takut, Anda bisa berkonsultasi di Klinik Psikiatri yang jadwal pelayanannya adalah hari senin s/d kamis.

Saat sesi pertanyaan dibuka, antusias peserta penyuluhan yang di dominasi bapak-bapak dan ibu-ibu paruh baya sangat ramai, ada yang menanyakan tentang kondisi cucunya, ada yang fokus pada materi, bahkan beberapa pertanyaan diluar materi juga tetap dilayani dengan sabar dan telaten oleh dr. Muhammad John, Sp.KJ.

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Kesembuhan, Keselamatan, Kenyamanan dan Kepuasan pasien adalah Tujuan kami.
© 2019 RSUD Dr. Muhammad Zein. Follow Me : Facebook Youtube