Headline News

header-int

Penyuluhan Malaria di Ruangan Interne

Kamis, 22 Agu 2019, 11:57:37 WIB - 14 | Nindy Kornelia, S.Kom
Penyuluhan Malaria di Ruangan Interne

Pada Jumat (16/8) sekitar pukul 10.00 WIB, dilaksanakan penyuluhan kesehatan hasil kerjasama ruangan interne bersama mahasiswa praktek Syedza Saintika Padang dan Tim PKRS sebagai fasilitator di ruangan interne.

Tema penyuluhan adalah tentang Penyakit Malaria yang disampaikan oleh Yuhendra, S.Kep dihadapan keluarga penunggu pasien di ruangan interne.

Malaria adalah penyakit infeksi menular yang menyebar melalui gigitan nyamuk. Penderita malaria akan mengeluhkan gejala demam dan menggigil.

Walaupun mudah menular melalui gigitan nyamuk, malaria bisa sembuh secara total bila ditangani dengan tepat. Namun jika tidak ditangani, penyakit ini bisa berakibat fatal dari menyebabkan anemia berat, gagal ginjal, hingga kematian.

Meski belum ada vaksinasi untuk mencegah malaria, dokter dapat meresepkan obat antimalaria sebagai pencegahan jika seseorang berencana bepergian atau tinggal di area yang banyak kasus malarianya. Selain itu, pencegahan bisa dilakukan dengan menghindari gigitan nyamuk dengan memasang kelambu pada tempat tidur, menggunakan pakaian lengan panjang dan celana panjang, serta menggunakan krim atau semprotan antinyamuk.

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan Kesembuhan, Keselamatan, Kenyamanan dan Kepuasan pasien adalah Tujuan kami.
© 2019 RSUD Dr. Muhammad Zein. Follow Me : Facebook Youtube