Berita Pilihan
RSUD Painan sediakan Pelayanan Informasi BPJS Kesehatan di FKRTL
Senin, 09 Okt 2023, 11:00:52 WIB - 91 | Andi Kasianto
Dalam rangka implementasi Transformasi Mutu Layanan khususnya di Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjut (FKRTL) atau rumah sakit, perlunya perbaikan diberbagai aspek, diantaranya harus tersedianya area pemberian informasi dan penanganan pengaduan bagi peserta BPJS Kesehatan di rumah sakit.
Sejalan dengan maksud di atas, RSUD Dr. Muhammad Zein Painan pada hari Kamis (5/10) menyiapkan petugas dan ruangan untuk digunakan sebagai tempat pemberian informasi sekaligus layanan pengaduan bagi pasien peserta BPJS Kesehatan yang membutuhkan informasi pelayanan maupun penanganan pengaduan terkait layanan yang diterima.
Tempat pemberian informasi bagi peserta BPJS Kesehatan terletak pada posisi strategis dan mudah diakses oleh pasien, yaitu pada area depan rumah sakit, ditambah ada papan nama dengan keterangan 'Pelayanan Informasi BPJS Kesehatan'. Sehingga diharapkan dapat membantu pasien BPJS Kesehatan yang membutuhkan informasi terkait pelayanan BPJS Kesehatan di rumah sakit.
Menurut Kasi Pelayanan, Ibu Ns. Satria Putri Cornaliah, S.Kep, penyediaan tempat atau ruang Pelayanan Informasi BPJS Kesehatan di rumah sakit tertuang dalam addendum Perjanjian Kerja Sama antara BPJS Kesehatan denganFKRTL, yakni:
- Pasal 4 Kewajiban Pihak Kedua poin (i) yang berbunyi "Menetapkan petugas dan menyediakan sarana/unit yang berfungsi untuk memberikan pelayanan informasi dan penanganan pengaduan peserta JKN"
- Pasal 16 Mekanisme Pemberian Informasi dan Penanganan Pengaduan ayat (3) yang berbunyi "Dalam pelayanan pemberian informasi dan penanganan Pihak Kedua kepada Peserta JKN wajib menyediakan tempat/ruangan yang selanjutnya disebut Pelayanan Informasi BPJS Kesehatan dan menyediakan media pemberian informasi dan penanganan pengaduan yang lokasinya strategis dan mudah diakses oleh Peserta".
"Semoga dengan adanya Pelayanan Informasi BPJS Kesehatan di RSUD Painan ini, membantu dan dapat dimanfaatkan secara optimal oleh Pasien BPJS yang sedang berobat di rumah sakit untuk memperoleh informasi terbaru maupun bertanya terkait mekanisme maupun kebijakan yang berkaitan dengan program JKN (Jaminan Kesehatan Nasional)". Tutup Buk Corry. (AN)
19 Apr 2024 10:59:23 WIB Halal Bihalal sekaligus Perpisahan Karyawan Purna Bakti 25 ~ Andi Kasianto |
15 Feb 2024 11:20:13 WIB Rapat Persiapan Pemantauan Evaluasi Pasca Akreditasi Bersama Tim Pokja Akreditasi 108 ~ Andi Kasianto |
16 Jan 2024 10:50:05 WIB Mengenal Aplikasi Srikandi yang sedang disiapkan Tim Kearsipan RSUD Painan 140 ~ Andi Kasianto |
16 Jan 2024 09:33:22 WIB Penerimaan dan Orientasi Mahasiswa PKL D3 Gizi Poltekkes Kemenkes Padang 218 ~ Andi Kasianto |
07 Des 2023 11:24:29 WIB Visitasi Monitoring dan Evaluasi Keterbukaan Informasi Publik di RSUD Painan 156 ~ Andi Kasianto |
21 Nov 2023 10:12:15 WIB Bupati Pessel Launching Inovasi Dompet Ko Taba di Peringatan HKN Ke-59 174 ~ Andi Kasianto |
15 Nov 2023 11:57:03 WIB Monitoring dan Evaluasi Kinerja Serta Rekredensialing BPJS Kesehatan ke RSUD Painan 138 ~ Andi Kasianto |
15 Nov 2023 11:28:28 WIB Penutupan PKL Mahasiswa Radiologi Universitas Baiturrahmah Padang 75 ~ Andi Kasianto |
STATISTIK PENGUJUNG
6 Pengunjung Hari ini | 9 Pengunjung Kemarin | 72,322 Semua Pengunjung | 168,038 Total Kunjungan | 18.224.149.242, IP Address Anda